Saat Dpr Tuding Bpom Major Politik Gara

  • April 20, 2020

Tugas akhir ini berusaha untuk memetakan faktor internal dan eksternal apa saja yang memengaruhi kebijakan impor vaksin tersebut. Kemudian penulis juga berusaha menjelaskan bagaimana vaksinasi COVID-19 di Indonesia akan bergantung pada vaksin impor apabila pemerintah terus melakukan impor vaksin. Penulis menggunakan teori Konstruktivisme dengan metode penelitian kualitatif untuk menganalisis Tugas Akhir ini. Menurut dia, kebijakan vaksinasi berbayar menjadi alternatif untuk mempercepat pelaksanaan program vaksinasi nasional dan goal kekebalan kelompok. Mengikuti pemberitaan media arus utama dan informasi di media sosial, secara umum penyelenggaraan vaksinasi sangat diapresiasi publik.

Indonesia saat ini sangat aktif melakukan diplomasi dan negosiasi untuk mendapat akses vaksin. Diplomasi vaksin yang dilakukan oleh Pemerintah tentu dalam rangka untuk memastikan ketersediaan kebutuhan vaksin untuk masyarakat Indonesia. Menanggapi hal ini Akademisi Hubungan Internasional Universitas Sriwijaya, Ferdiansyah, menyampaikan bahwa seharusnya diplomasi yang dilakukan pemerintah terhadap vaksin menekankan pada diplomasi kemanusiaan. Model kerja sama South-south cooperation juga dapat didorong karena pada umumnya mannequin kerja sama ini membangun solidaritas, ketimbang kompetisi yang dibawa oleh negara utara.

Partai Nasdem Jawa Barat diketahui akan menargetkan 30 ribu dosis vaksin. Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat Saan Mustopa mengatakan, kesehatan masyarakat merupakan salah satu modal utama untuk menstabilkan kembali masalah ekonomi di masyarakat dampak pandemi COVID-19 di Indonesia. Reihana mengatakan upaya tersebut dilakukan agar jajaran Dinas Kesehatan Provinsi atau kabupaten/kota bisa menunaikan goal vaksin kepada 6 juta warga. “Untuk mempercepat program vaksinasi Covid-19, kami telah melakukan upaya maksimal, dengan segera mendistribusikan setiap kiriman vaksin ke 15 kabupaten/kota.” Ada kesan seolah pemerintah tidak memiliki kemampuan mengelola dan menangani semua peristiwa. Dalam konteks vaksinasi, upaya pemesanan vaksin yang dilakukan dengan membuat kebijakan pemesanan sebelum adanya uji vaksin ternyata juga menjadi komoditas politik warganet.

Politik Vaksin

Karena itu protokol kesehatan harus tetap diperhatikan meski telah mendapatkan vaksin. Meski begitu, Andy mengimbau kepada pemerintah supaya vaksinasi terus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Paling penting proses pendistribusian vaksin kepada pihak-pihak yang membutuhkan bisa tepat sasaran, dengan mempertimbangkan kelompok masyarakat yang rentan terlebih dahulu. Pernyataan Sinocav yang aman digunakan dan halal bagi umat Muslim diharapkan UNJ menjadi hal yang direspons positif oleh seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga, program vaksinasi segera terealisasi dan angka Covid-19 dapat dikendalikan dengan baik.

Penemuan vaksin dari beberapa negara maju, memunculkan harapan akan berakhirnya pandemi covid-19 yang berkepanjangan dan melanda negara-negara seluruh dunia. Namun disamping itu, penemuan vaksin ini juga memunculkan persaingan –tidak hanya dalam bisnis tapi persaingan politik antar negara. Masing-masing perusahaan farmasi skala international negara – negara maju berusaha menemukan vaksin seperti Amerika Serikat, Cina dan Inggris; dan tentunya berupaya dengan segala cara termasuk cara politik negara agar vaksin buatan negaranya mendominasi dunia. Selain terlibat dalam kegiatan sosialisasi, edukasi dan penggalangan bantuan sosial, Menko PMK mengatakan, peran mahasiswa khususnya mahasiswa di bidang kesehatan bisa bertindak membantu pemerintah sebagai relawan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Juga termasuk tuduhan bahwa pemerintah tidak punya anggaran yang sensitif rakyat, ditambah dan diperluas dengan tuduhan miring lainnya. Progres perkembangan kedua vaksin produksi dalam negeri ini memang masih dalam proses pengembangan dan pengujian seperti pada vaksin merah putih yang diharapkan baru bisa diproduksi pada Q3 tahun 2022 sehingga masih membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini berbeda dari perkembangan vaksin nusantara, vaksin yang dicetuskan oleh mantan menteri kesehatan ini, ditargetkan siap untuk produksi pada bulan juni 2021.

Peristiwa ini dinilai oleh beberapa pihak sebagai sinyal positif dalam hubungan Cina-Indonesia yang semakin erat sejak masa awal pemerintahan Jokowi di tahun 2014. Seiring dengan tekanan diplomatik, China telah meningkatkan ancamannya untuk menggunakan kekuatan militer untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya dengan mengadakan latihan militer dan mengirim pesawat militer ke dekat pulau itu. Wu mengatakan pemerintah dan warga Taiwan benar-benar berkomitmen untuk membela diri dan pemerintahnya sedang berusaha untuk meningkatkan kemampuan militernya, termasuk melalui pembelian senjata dari Amerika Serikat. Namun, ia mengatakan, Taiwan mendapatkan dukungan politik internasional yang lebih besar untuk dimasukkan dalam WHO baik sebagai anggota atau pengamat.

Trasmaniah

E-mail : admin@periscopecash.com