Ppkm Darurat Diperpanjang? Begini Jawaban Luhut

  • April 19, 2020

Pemerintah juga telah mengalokasikan tambahan anggaran untuk Program Pemulihan Ekonomi Nasional , khususnya klaster Kesehatan dan Perlindungan Sosial yang mendapat tambahan sebesar Rp55,21 triliun. Khusus untuk Program Perlinsos ditambah sebesar Rp33,ninety eight triliun , yaitu untuk program Kartu Sembako, Diskon Listrik, Subsidi Kuota Internet, Kartu Prakerja, Bantuan Beras Bulog dan Kartu Sembako PPKM. “Akan terus dilakukan evaluasi dan monitoring perkembangan laju kenaikan kasus Covid-19 dan berbagai indikator yang lain. Namun terus memantau, memahami dinamika di lapangan, dan mendengar suara-suara masyarakat yang terdampak PPKM. Jika tren kasus terus mengalami penurunan, maka 26 Juli 2021, Pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap,” ungkap Presiden Jokowi.

Politik PPKM

Beberapa jenis tempat usaha diperbolehkan menyediakan meja dan kursi dengan kapasitas yang sudah ditentukan. Berdasarkan assesment yang dilakukan Pemerintah Pusat, Kabupaten Trenggalek masuk kategori stage 3 dalam pelaksanaan PPKM Darurat di wilayah Jawa-Bali. Dari hasil evaluasi kegiatan patroli PPKM Darurat di wilayah Kota Surakarta, ditemukan beberapa pedagang dan PKL pada beberapa titik di wilayah-wilayah tersebut yang belum menaati aturan.

Maka sebelum itu tercapai kita harus tetap berdisiplin dan menjaga diri terutama memakai masker, dan saya minta satu hal yang sederhana ini, tinggallah di rumah jika tidak ada kebutuhan yang mendesak,” pesan Presiden Jokowi. Adapun tiga alasan teratas yang melatarbelakangi ketidaksetujuan responden atas diperpanjangnya PPKM darurat antara lain, agar kegiatan ekonomi tidak mati sebanyak 12,6 persen. Menurut Ubedilah, Jokowi keliru jika mengatakan karantina wilayah akan lebih membuat rakyat menjerit.

Setelah pelaksanaan penyaluran bantuan, TNI/Polri akan merekap datanya dan mengisi kind laporan sederhana untuk akuntabilitas dan pertanggungjawaban. “Sekarang bukan waktunya saling menyalahkan dan mencari kambing hitam. Meskipun demikian, Pemerintah harus memimpin pelaksanaan dengan konsisten serta tetap melakukan komunikasi, koordinasi dengan seluruh lapisan masyarakat,” tandasnya. Menurutnya, pandemi Covid-19, telah menimbulkan puluhan ribu korban meninggal dunia dan jutaan yang terdampak. Demikian pula waktu kegiatan belajar mengajar, akan diatur sedemikian rupa agar tidak menumpuk. Kota Tanjungpinang – Pemerintah memberikan kelonggaran terhadap pelaku usaha selama perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat degree 4.

PPKM kali ini juga disesuaikan menurut stage asesmen masing-masing Kabupaten/Kota. Penentuan degree yang didasarkan pada standar WHO, yaitu degree asesmen situasi pandemi yang mengukur antara laju transmisi virus dibandingkan dengan kapasitas respon . Selain itu juga menggunakan indikator kasus konfirmasi harian, tingkat BOR, dan pencapaian vaksinasi. Dijelaskannya, untuk jenjang pendidikan PAUD dibuka pembelajaran tatap muka per lima murid. Lalu untuk jenjang SD dan SMP paling banyak 50 persen dari kapasitas ruang belajar.

Hal itu mengingat lonjakan kasus positif sangat pesat sehingga menyebabkan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit juga semakin meningkat. “Untuk PPKM darurat ini yang pada bulan Juli kita berharap sampai dengan September untuk sisa anggarannya three,6 triliun bagi 3 juta UMKM bisa diberikan sehingga juga sekali lagi membantu masyarakat pada kondisi PPKM darurat,” ujar Menkeu. Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah memutuskan perpanjangan PPKM Level 4 karena melihat perbaikan penanganan Covid-19. Masyarakat di Pulau Jawa dan Bali tetap bisa tenang memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan belanja on-line atau mengatur waktu belanja dengan tepat. Pemerintah menegaskan pasar swalayan tetap buka dengan ketentuan jam operasional sampai pukul 20.00 WIB dengan kapasitas pengunjung maksimal 50%.

Trasmaniah

E-mail : admin@periscopecash.com