Pelaksanaan Otonomi Daerah Ditinjau Dari Perspektif Politik Hukum Nasional

  • April 17, 2020

Menurut Ivan, ada pula keterlambatan pemerintah dalam mengantisipasi dan mengendalikan Covid-19 di Indonesia. Dari perspektif hukum, awalnya pemerintah menerapkan kebijakan “Darurat Kesehatan Masyarakat” pada Maret 2020 dan yang menjadi main sector-nya adalah Kementerian Kesehatan. Namun, pada April 2020 pemerintah justru menerapkan kebijakan mengenai darurat kebencanaan nasional dan menunujuk BNPB sebagai main sector. Menurutnya, ke depannya bangsa Indonesia mesti memikirkan ulang untuk melanjutkan penerapan demokrasi liberal di negeri ini. Semoga menambah wawasan dan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan hukum dan praktik pelaksanaan Otonomi Daerah di Inonesia.

Meski kemudian berhasil diredam oleh aparat, sebagian dilakukan dengan menggunakan kekerasan. Apa yang diperjuangkan pun akhirnya menjadi sia-sia karena baik pemerintah maupun DPR tetap dengan pendiriannya untuk menetapkan UU tersebut. De-Soekarnoisasi adalah istilah yang merujuk pada upaya untuk menghilangkan pengaruh-pengaruh Soekarno dalam tatanan kehidupan masyarakat Indonesia. KOMPAS.com – Konsep stabilitas politik yang diterapkan pada masa Orde Baru menimbulkan kebijakan dan peristiwa politik penting di Indonesia.

Indonesia lebih mengacu pada pola terakhir, yakni pemerintah terlibat atau turut campur tangan dalam bisnis. Hal ini dapat dilihat dalam hukum maupun kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk menunjang perekonomian dan bisnis. Pemerintahan Australia sekarang dipimpin partai liberal yang konon ahli mengelola ekonomi, namun tidak cukup lincah mengelola kesejahtraan, termasuk kesehatan. Kendati demikian, sejak Maret, Hangga melihat adanya upaya serius dari pemerintahan Australia dalam menangani Covid-19.

Politik masa ini

Bahkan, kelompok seniman Koes Bersaudara juga pernah ditahan oleh pihak Kejaksaan karena dianggap memainkan musik yang kebarat-baratan. Melalui pidato-pidatonya, Presiden Soekarno mengecam kebudayaan Barat berupa musik “rock and roll”, dansa ala “cha-cha”, musik pop. Kondisi ekonomi pada masa awal Demokrasi Terpimpin sangat terpuruk akibat pemberontakan-pemberontakan yang terjadi. Untuk mengatasi keadaan ekonomi pada masa ini, sistem ekonomi berjalan dengan sistem komando, di mana alat-alat produksi dan distribusi yang vital harus dimiliki dan dikuasai negara atau minimal di bawah pengawasan negara. Semangat perubahan untuk membatasi kekuasaan presiden, menurut Andy sudah dibatasi oleh pasal 7 UUD 1945 yang baru.

Menurut Ivan, ketika sudah berstatus darurat, maka harus ada koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah. Jika ini adalah keadaan darurat, maka kebijakannya harus sesuai dengan penganggulangan bencana darurat. Sayangnya, yang terjadi di lapangan justru sebaliknya, pemerintah pusat dan daerah mengalami ketidaksinkronan satu sama lain. Berbagai sektor mulai dari ekonomi, wisata, manufaktur, dan lain-lain akan sangat terdampak bila penanganan pandemi Covid-19 tidak ditangani dengan baik dan tepat. Pemerintah pun diharapkan dapat mengambil kebijakan yang baik dan membangun wacana publik yang sesuai di tengah situasi darurat seperti sekarang. Persaingan untuk memenuhi kepentingan politik antar parpol dan politisi, baik penguasa maupun oposisi, menjadi tontonan politik yang sering menghiasi media.

Trasmaniah

E-mail : admin@periscopecash.com