Laris Dan Berkah, 9 Etika Berdagang Menurut Islam Ini Perlu Dipahami

  • March 15, 2020

Menjalani sesuatu sesuai dengan passion akan membuat sesorang lebih rileks, bahkan saat sedang diterjang situasi sulit sekalipun. Dengan begitu, Anda dijamin tak akan kesulitan dalam mempertahankan komitmen. [newline]Saat bisnis yang Anda kelola sedang di atas angin, jangan cepat puas. Gunakan momentum ini untuk semakin mengakselerasi bisnis. Begitupun pada saat bisnis Anda sedang lesu, jangan lantas putus asa.

Artinya secara tegas, harta dan perniagaan yang diperoleh dengan cara halal akan memuliakan pribadi orang yang bersangkutan. Rasulullah juga menggarisbawahi mengenai perdagangan apa saja yang dilarang. Rasulullah kemudian mengembangkan serta menggunakan standar timbangan dan ukuran yang dijadikan rujukan bagi perdagangan kala itu. Bukan tanpa alasan, sistem ini dijadikan rujukan sebab masyarakat Madinah dan sekitarnya sangat merasakan dampak positif dari sistem tersebut. Ketika memimpin Madinah misalnya, Rasulullah menghapus habis regulasi perdagangan yang dapat menimbulkan transaksi buruk. Misalnya, menghapus transaksi yang bermuara pada penipuan, riba, judi, ketidakpastian, keraguan, eksploitasi, pengambilan untung yang berlebihan, hingga pasar gelap dan juga kartel.

Pandemi tidak hanya merongrong kesehatan raga, namun juga mampu merenggut kesehatan jiwa. Sehingga, memenangkan pertarungan dapat pula diartikan sebagai kemampuan untuk menjaga kesehatan mental sehingga tetap produktif, atau bahkan bisa sebaliknya tetap produktif guna menjaga kewarasan diri di tengah ancaman wabah. Varietas alpukat terhitung ada ribuan dan masing-masing alpukat memiliki karakteristik yang berbeda. Namun berdasarkan permintaan pasar, pemilik Pusbikat ini menggolongkan alpukat menjadi dua jenis saja yaitu alpukat yang enak di lidah dan enak di kantong.

Menjaga amanah, sebenarnya menjaga diri kita sendiri dari kepercayaan orang lain. Sekali saja, seseorang mengkhianati amanah, kesan tidak baik akan menancap kuat pada seseorang itu. Setiap ajaran Islam, selalu saja akan bermanfaat baik bagi pelakunya.

Berdagang dengan hati

Ada seorang pria, sudah puluhan tahun tidak pernah melakukan hal yang rumit. Alasannya karena dia merasa jari-jarinya kikuk karena ukurannya pendek-pendek. Dia merasa kalau tidak akan pernah terampil seperti orang lain karena jarinya yang seperti itu. Keyakinan ini dimulai saat orang tuanya mengatakan kalau dia tidak akan pernah terampil. Istrinya bahkan harus membayar orang hanya untuk memasang sangkar burung di rumahnya. Contoh yang menarik adalah waktu mantan Perdana Menteri Belanda Jan Peter Balkenende menjadi jengkel saat diskusi dengan Dewan Perwakilan Belanda pada tahun 2006.

Biasanya lagi nih pengeluaran yang diluar kebiasaan ini sebenarnya untuk memenuhi keinginan semata alias gak butuh-butuh banget. Tapi kalau memang ada kebutuhan yang memang harus dipenuhi dan kas udah ngepres banget, Sobat bisa memanfaatkan pergadaian. Gadai adalah suatu hak yang diperoleh atas suatu benda bergerak, yang digunakan sebagai jaminan atas pinjaman yang diberikan oleh penerima gadai. Gadai sendiri ada yang konvensional dan syariah, ada yang dikelola oleh pemerintah dan swasta. Di bulan Ramadhan ini yuk kita kenalan sama gadai syariah. Cara Nabi Muhammad dagang selanjutnya yaitu selalu menjual barang berkualitas bagus.

Trasmaniah

E-mail : admin@periscopecash.com