Kisah Pedagang Ikan Hias Di Bogor, Meraih Cuan & Go Digital

  • March 17, 2020

Sehingga, tak dapat dipungkiri bahwa bisnis ikan hias itu sendiri merupakan peluang yang memiliki masa depan yang cerah, menguntungkan, sekaligus menjanjikan. Pendapatan produsen dihasilkan dari suatu usaha yang akan dierima dan pada hakikatnya uang yang diterima sesuai dengan produksi yang dikeluarkan oleh konsumen . Namun belum ada informasi tentang pendapatan pedagang pengecer ikan laut, sementara knowledge tersebut dibutuhkan untuk mengukur pendapatan pedagang pengecer ikan laut di Pasar Bungur Kabupaten Bungo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan, hambatan serta upaya yang dilakukan oleh pedagang pengecer ikan laut yang ada di Pasar Bungur Kabupaten Bungo. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei dan menggunakan kuesioner, knowledge diambil secara Sensus.

Metode ini mereka pelajari secara turun-temurun dan umumnya apa yang diproduksi tetap. Sehingga sangat mustahil terjadinya persaingan dan perdagangan karena produksi mereka cukup. Hal tersebut juga memunculkan kondisi kehidupan yang tenang tanpa upaya untuk mencari keuntungan.

DESKJABAR – Berjualan ikan merupakan salah satu usaha yang pasarnya bagus, karena minat masyarakat yang tergolong penyuka komoditas ini. Hobi mengoleksi ikan hias itu bukan cuman untuk mereka yang berduit dan punya kolam ikan di belakang rumahnya. Tapi orang-orang yang hanya memiliki kubik kecil sebagai akuarium atau toples kaca juga berhak menekuni hobi mengoleksi ikan hias.

Meski enggan menyebutkan omzet yang didapat, Utang menjelaskan, ia memiliki kisaran nominal untung yang berbeda-beda untuk setiap goal pasarnya. Kalau orang beli untuk jual lagi biasanya beli grosir, baik untuk dijual lagi di wilayah lain atau di Pasar Pondok Gede juga. Kalau orang beli untuk konsumsi sendiri biasanya beli kiloan saja.

Dijamin caranya gampang dan bahan yang dibutuhkan juga banyak dijual di pasaran dengan harga terjangkau. OrientasiKerajaan Sunda terletak di daerah Jawa Barat sekarang. Di daerah larangan itu orang tidak boleh menangkap ikan dan hewan yang hidup di sungai itu.

Berdagnang ikan

Bila saat ini peran pemerintah sangat luas dalam mengatur sebuah sistem perekonomian negaranya, maka lain halnya ketika masa lalu. Pada masa ketika sistem perekonomian tradisional yang sedang berjalan, pemerintah hanya memiliki peran yang sangat terbatas dalam mengatur sistem perekonomian dan transaksinya. Spesies-spesies ini menggunakan sistem bakau selama setidaknya sebagian dari sejarah kehidupan mereka, sementara yang lain tinggal sepanjang hidup mereka, memberi makan dan bersarang di dalam hutan bakau.

Sebelum membuka kios, nenek 62 tahun ini berkeliling dari satu kota ke kota lainnya. Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo mengatakan, sektor perdagangan khususnya ikan laut sekarang mengalami pergerakan signifikan kenaikan harga. Penyebabnya karena pasokan dari nelayan mengalami gangguan keterlambatan.

Pria ini pun rela ambil untung sedikit agar pelanggan tetap mau datang lagi. Dalam sehari, ia bisa menyuplai 1 ton untuk semua jenis ikan baik tawar ataupun lele. Utang biasanya membandingkan dengan penjualan sebelumnya untuk memprediksi jenis ikan yang dipesan. Jenis ikan yang laku dipesan lebih banyak, sementara yang kurang laku dipesan lebih sedikit.

Untuk itu, mulailah mencari pemasok yang sesuai dengan bisnis Anda, baik dari segi harga, jenis ikan laut yang tersedia, kualitas, hingga sistem jual beli yang disepakati. Bekerja sama dengan pemasok yang tepat sedikit banyak akan memengaruhi kelancaran bisnis Anda pada kemudian hari. Tips sukses usaha ikan hias modal kecil yang pertama adalah dengan menentukan jenis ikan hias apa yang akan dijual sekaligus konsumen dari kalangan manakah yang menjadi goal. Namun, sepenuhnya tentu akan dipengaruhi oleh jenis ikan hias yang kamu jual. Pedagang ikan laut lainnya di biasa mangkal di Jalan A Yani Kartasura Endang Sulastri mengatakan, seretnya pasokan dan naiknya harga membuatnya membatasi barang jualan.

Trasmaniah

E-mail : admin@periscopecash.com