Inilah Drawback Utama Bisnis Keluarga Dan Berdampak Pada Finansial, Lalu Bagaimana Mengatasinya?

  • March 15, 2020

Yang pasti, semuanya harus berkomitmen dalam menjalankan tanggung jawabnya masing0masing. Anda bisa belajar dari pengalaman orang lain agar tidak mengulang kesalahan yang sama. Untuk mencegah anggota keluarga atau suksesor kelak menghadapi masalah yang Anda sebabkan, sebaiknya hindari seluruh aktivitas yang berbau ilegal maupun asusila. Anda juga perlu mempersiapkan seluruh kebutuhan manajerial untuk proses suksesi dan menanamkan nilai leadership yang kuat pada kandidat suksesor. Orang tua saya pun tentunya sudah mulai menua dan mulai mencari alternatif agar bisnis ini bisa terus berjalan dan berkembang seiring waktu.

Dalam hal ini, kita perlu menghargai segala nilai, ide dan pendapat yang mereka berikan ke atas meja, dan saling menegur serta mengingatkan akan kebaikan apabila salah satu dari anggota keluarga melakukan kesalahan bisnis. Saling menguatkan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan Kakek Zeus di dalam bisnis keluarga. Mereka adalah orang-orang yang akan membawa bisnis keluarga kita menuju tangga yang semakin sukses di masa depan. Mereka yang bergerak di bidang kosmetika pun telah berinovasi dengan merilis produk hand sanitizer yang sangat dibutuhkan pasar.

Berbisnis merupakan kerja sama tim dan bisnis tersebut dapat terus maju apabila para pendiri memiliki tujuan yang sama. Maka dari itu, jagalah konsistensi para pendiri untuk tetap memiliki visi yang sama dalam menjalankan bisnis. Anda dapat menjadi seorang yang visioner, kreatif, dan inovatif dalam menjalankan bisnis keluarga.

Bisnis dengan keluarga

Contoh dari bisnis keluarga bisa berupa usaha yang dibuat dari awal oleh anggota keluarga, atau bisa juga dengan melanjutkan usaha yang telah dikerjakan oleh anggota keluarga sebelumnya. Ketika masuk ke umur 60-an, ayah menginginkan saya untuk melanjutkan usahanya dalam menjalankan perusahaan tersebut. Nah, maka dari itu agar proses membangun bisnis keluarga memiliki regenerasi yang lebih baik, Anda perlu memperjelas manajerial yang ada.

Meski banyak ditemukan, namun hal ini ternyata membawa tantangan tersendiri karena masing-masing pihak yang ada di dalamnya harus bisa memisahkan urusan bisnis dengan urusan keluarga. Yuk bergabung dengan Bisnismuda.id untuk sharing dan belajar investasi, pengelolaan keuangan, dan wirausaha. Memberlakukan keluarga dengan istimewa dalam bisnis kalian merupakan hal yang salah, karena akan timbuk ketidak profesionalan dalam bekerja. Tommy juga memiliki bisnis perhotelan di bawah bendera PT Lor Internasional Hotel. Dia juga memiliki bisnis ritel dengan grosir Goro yang dikelola PT Berkarya Makmur Sejahtera dan menjadi Komisaris Utama di perusahaan tersebut. Salah satu kasusnya yang terkenal adalah The Lego Group yang kembali meroket setelah merekrut orang lain untuk memimpin perusahaan.

Trasmaniah

E-mail : admin@periscopecash.com