Ideas Mulai Usaha Ikan Hias, Bisnis Yang Makin Bersemi Kala Pandemi

  • March 16, 2020

Mereka berpindah-pindah dalam waktu tertentu sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhannya. Mereka juga memperhatikan kebiasaan migrasi hewan dan mengikutinya. Sistem akar hutan bakau yang padat menangkap sedimen yang mengalir ke sungai dan keluar dari tanah. Ini membantu menstabilkan garis pantai dan mencegah erosi dari gelombang dan badai. Di daerah-daerah di mana hutan bakau telah ditebangi, kerusakan pantai akibat angin topan dan topan jauh lebih parah. Dengan menyaring endapan, hutan juga melindungi terumbu karang dan padang lamun agar tidak tertimbun endapan.

Salah satu ciri utama dalam sistem perekonomian tradisional adalah produksi yang terbatas. Mereka memproduksi sesuai dengan kebutuhannya sendiri atau kelompoknya. Sangat jarang ditemukan terjadinya kelangkaan atau kelebihan bahan makanan. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya secara ekonomi, mereka menggunakan cara-cara tradisional yang diajarkan turun-temurun dari orang yang lebih tua. Sistem perekonomian tradisional ini berkembang pada sebuah komunitas kecil yang dalam kehidupannya sering berpindah-pindah atau nomaden. Proses transaksi yang terjadi sendiri menggunakan sistem konvensional barter atau saling bertukar barang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Berdagnang ikan

“Ini menjadi motivasi kita untuk terus bersemangat dan kerja lebih keras lagi membangun Kabupaten Batang, sehinga rakyat bisa lebih hidup sejahtara,” kata Bupati Batang ini. Sistem pendingin yang berfungsi untuk mempertahankan suhu ikan tetap rendah terdiri dari komponen utama elemen peltier yang menggunakan sumber arus listrik DC dari aki sepeda motor. Sedangkan sepeda motor jenis bebek yang telah dikonversi dengan kelengkapan kotak pendingin berjumlah delapan unit untuk Kabupaten Pohuwato. Pendistribusian bantuan pangan bersubsidi di Kecamatan Randangan ditargetkan untuk 927 kepala keluarga yang berada di 10 desa. Nah, jika modal kamu masih terbatas, maka kamu tidak perlu membeli seluruh peralatan sekaligus. Untuk selebihnya, kamu bisa mencicil sembari berjalannya bisnis.

Apabila harga telah disepakati, ikan dibawa dan dimasukkan ke kolam karantina sampai ikan-ikan tersebut siap jual. Di kolam tersebut dilakukan proses penyembuhan ikan-ikan yang diserang penyakit. Setelah ikan-ikan sehat dan siap jual, dipindahkan ke kolam show sehingga memudahkan calon konsumen melihat kondisi ikan. Tenaga kerja yang dibutuhkan untuk penyediaan ikan, pengelolaan dan pelayanan konsumen selama ini ditangani sendiri sehingga biaya tenaga kerja Rp0,-. Biaya untuk pakan pun tidak terlalu besar karena ikan hanya ditampung sementara sampai pembeli datang.

Dagangan satu mobil choose up yang selalu ia bawa setiap hari tak teboh dari Rp 7-8 juta rupiah. Ia beli berbagai ikan dari pasar Buko Wedung mulai dari Udang , Belanak , Bandenga dan ikan lainnya. Ikan ikan itu seterusnya dimasukkan ke ember plastic sesuai jenis ikannya. Sampai di pasar Tayu ikan ikan itu ia jual sistem eceran dan juga grosiran.

Hal ini otomatis akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan pasar ikan mulyo semakin dikenal dan sentra penjualan ikan segar. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan berbisnis ikan laut. Yang pertama adalah karena keuntungan yang didapatkan cukup besar.

Ikan – ikan laga atau biasa di panggil Cupang Nias juga ada dijual ditempat ini. Ikan yang beraneka jenis warna dan ekor berbeda -beda ini dimassukkan dalam satu botol. Bagi orang yang hobi ikan hias akan singgah melihat sejenak apa yang indah dari bentuk ikan tersebut. Selain menambah koleksi, ikan hias dan aquarium juga dapat menambah ornamen keindahan suasana rumah.

Kami bekerjasama dengan para pembudiya ikan di kabupaten Kediri, dengan langsung mengambil dari para pembudidaya harga yang kami jual dibawah pasar biasanya. Ibu Ismiati salah satu pedagan ikan yang sudah berjualan dipasar ini selama 5 tahun. Walaupun setiap harinya hanya 2 pedagang yang berjualan disini tetapi itu tidak membuatnya patah semangat dan tetap eksis berdagang ikan segar. Sebelumnya dirinya sempat menjadi nelayan, namun diakuinya untuk menangkap ikan di tengah laut membutuhkan waktu yang cukup lama hingga mendapatkan ikan yang banyak untuk dijual kepada pedagang. “Paling lama satu bulan, namun untuk waktu yang lama tentu memerlukan perahu dengan ukuran besar,” ujarnya.

Trasmaniah

E-mail : admin@periscopecash.com