Elite Politik Dalam Pusaran Bisnis Batu Bara

  • March 21, 2020

Ada pula politik yang cenderung mengarahkan agar pemerintah terlibat/ ikut campur tangan dalam bidang ekonomi bisnis. Dinamika perpotikan di tahun politik ini nyaris sama saja dengan di Amerika. Media sosial dan percakapan publik dipenuhi dengan konten ujaran kebencian, hoax, dan propaganda.

Politik Bisnis

Situasi politik menjelang pemilu dan Sidang Umum MPR, melahirkan iklim ketidakpastian bagi investor, terutama investor asing. Adapun pengaruh politik menjelang Pemilihan Presiden 2009 diyakini akan memengaruhi uang beredar. Di satu sisi, aktivitas ekonomi akan menurun seiring dengan keterlibatan pelaku ekonomi dalam pemilu. Bank Indonesia meyakini basic industri perbankan dalam negeri cukup kuat, sehingga bank sentral meminta sejumlah kalangan agar tetap optimistis.

Hingga bulan Desember 2018, jumlah korban yang ditelan oleh lubang tambang batu bara di Kalimantan Timur mencapai 31 orang. Perusahaan tambang dapat melakukan hal tersebut tanpa konsekuensi hukum karena pemiliknya memiliki kekuasaan dan koneksi politik, seperti yang dilakukan beberapa perusahaan di dalam kelompok bisnis PT Toba Sejahtra yang dimiliki Luhut Binsar Pandjaitan. Kebutuhan terhadap modal yang besar, keterkaitan erat dengan peraturan pemerintah, adanya royalti dan pajak serta ketergantungan terhadap infrastuktur pemerintah untuk mengirimkan batu bara ke pasar menjadikan sektor ini terpapar korupsi politik, dalam bentuk perdagangan pengaruh, political capture dan regulatory seize. Perusahaan pertambangan batu bara harus berurusan dengan pejabat publik, yang kemudian mendorong “perselingkuhan” antara perusahaan, birokrat, dan politisi.

Setiap tindakan dalam organisasi bisnis adalah politik, kecuali organisasi charity atau sosial. Oleh karena itu, jika situasi politik mendukung, maka bisnis secara umum akan berjalan dengan lancar. Pengawasan etika hubungan politik dan bisnis dinilai sangat diperlukan Situs Slot Gacor agar mendorong perusahaan tetap transparan dan akuntabel. Berdasarkan berbagai riset kata dia, perusahaan dengan direktur atau komisioner yang mempunyai hubungan politik tidak mempunyai dampak positif yang signifikan terhadap penghasilan bisnis perusahaan itu sendiri.

Sebagai konsultan komunikasi politik, dia memiliki berbagai metode untuk menyampaikan pesan ke publik, salah satunya jadi buzzer. WTO adalah organisasi internasional yang mengatur kegiatan bisnis dan perdagangan antar negara untuk meningkatkan perdagangan dunia lebih fokus mengenaifree tradedanprotectionism. Indonesia adalah negara hukum, sehingga sistem perekonomian bangsa adalah perekonomian kerakyatan.

Trasmaniah

E-mail : admin@periscopecash.com