Eleven Cara Menabung Yang Benar Dan Efektif, Gampang Banget!

  • June 19, 2020

Tabungan yang Anda miliki nantinya juga bisa dijadikan dana darurat, sehingga manfaatnya bukan hanya untuk memenuhi keinginan saja tapi juga menyelamatkan Anda dari kesulitan. Namun, pastikan agar selalu sesuai dengan pos pengeluaran yang telah disiapkan dan jangan sampai mengganggu pos keuangan kita yang lainnya. Dalam melakukan aktivitas untuk setiap harinya, pasti setiap orang membutuhkan biaya baik untuk transportasi, konsumsi, komunikasi, membeli kebutuhan dapur dan masih banyak lagi. Pastikan gaya hidup yang kamu miliki sesuai dengan penghasilan yang bisa kamu dapat setiap bulannya atau dengan kata lain tidak melebihi pos biaya kebutuhan yaitu 50 persen dari penghasilan. Jangan sampai kita over price range karena tidak dapat membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan. Bagaimana manajemen keuangan yang baik untuk mempersiapkan dana darurat?

Menabung untuk masa depan yang lebnih baik

“Stigma bahwa keuangan merupakan hal yang tabu bagi orang tua dan anak saat ini sudah bisa teratasi dengan hadirnya berbagai program literasi keuangan. Pentingnya pendidikan literasi keuangan diperlukan untuk mendidik serta memberikan pemahaman mengenai cara mengelola keuangan yang bijak dan sesuai dengan tujuannya. Kegiatan ini juga menjadi sebuah bentuk dukungan dari BCA guna mencapai target dari program KEJAR yaitu pencapaian target inklusi keuangan 90% pada tahun 2024. Alternatif lain yang bisa kamu coba untuk mempersiapkan tabungan masa dengan adalah dengan memiliki investasi jangka panjang. Kamu bisa memulai investasi sesegera mungkin agar simpanan masa depanmu bisa lebih banyak terkumpul.

Mungkin ada dari kamu yang bercita-cita mempunyai rumah sendiri atau memiliki anak, tetapi harga properti dan kebutuhan anak akan selalu naik. Dengan hanya menabung, kecil kemungkinan kita untuk bisa menyaingi harga tersebut. Misalkan harga apartemen sekarang 300 juta dan kita mulai menabung, kemungkinan ketika tabungan kita mencapai angka 300 juta maka harga apartemen sudah naik melebihi itu. Karena itu, investasi dapat membantu kita mengejar inflasi harga yang gila-gilaan. Harapannya adalah kita bisa menikmati masa tua dimana kita bisa memenuhi kebutuhan hidup setelah pensiun, membayar biaya kesehatan di masa tua, dan menikmati hiburan-hiburan lainnya.

Ada baiknya Anda meletakkan dana investasi di Awal sebagai bagian dari pengeluaran pokok, baru selebinya digunakan untuk hiburan dan lainnya. Siapkan uang untuk setoran awal ketika membuka rekening, pastikan Anda tidak datang ke bank, dengan tangan kosong. Anda harus mempersiapkan uang tunai sebagai setoran awal sedikitnya sesuai dengan ketentuan minimal Permainan Gacor masing-masing financial institution, dan sesuai jenis tabungan yang akan diambil. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa produk finansial ini, memang bukan ditujukan untuk menghasilkan keuntungan.

Selain itu, untuk melihat aktivitas produk finansial ini, bahkan hingga cara mengakses uang simpanan, nasabah bisa melakukan beberapa cara. Yakni dengan menggunakan Automated Teller Machine melalui debit untuk menarik uang, atau melalui online banking. Dibandingkan dengan pria, wanita ternyata memiliki beberapa keunggulan jika bicara tentang investasi. Pertama, wanita umumnya lebih rajin untuk menyisihkan sebagian dari penghasilannya karena memiliki banyak keinginan di masa depan. Kedua, wanita juga tidak ragu untuk bertanya apabila membutuhkan berbagai informasi terkait keputusan untuk berinvestasi. Terakhir, wanita pada umumnya memiliki kemampuan multitaskingsehingga dapat melakukan pengelolaan keuangan secara komprehensif dalam satu waktu.

Bila sudah ada uang yang bisa ditabung, sisihkan juga sedikit demi sedikit untuk diinvestasikan. Urutkan tujuan penggunaan uang kamu dari waktu ke waktu berdasarkan tingkat prioritasnya. Transportasi pun demikian, cari yang paling rumah dan tetap sesuai dengan kamu. Sekarang ini, apalagi dengan dukungan teknologi informasi yang cepat sekali perkembangannya, kamu bisa memanfaatkan keahlian untuk menciptakan sumber pendapatan sampingan. Jadi, jangan mentang-mentang gaji masih minim menjadi alasan utama kamu tidak mulai menabung.

“Orang miskin hanya kerja keras dan menghambur-hamburkan uang, tapi orang yang kaya akan bekerja keras, menabung uangnya untuk berinvestasi, sehingga mereka tidak pernah bekerja lagi.” Maka dari itu, menabung bisa dibilang aktivitas yang gampang-gampang susah. Sebagian orang mungkin sukses menabung dan punya banyak uang simpanan. Sebagai basic rules, pertama taxmates harus membuat price range untuk semua pengeluaran.

Trasmaniah

E-mail : admin@periscopecash.com