Ekonomi Di Tengah Pandemi, Apakah Akan Terjadi Lagi Depresi Besar?

  • April 7, 2020

Untuk kelas menengah, program kartu Pra Kerja bisa dimanfaatkan untuk membantu daya beli sekaligus meningkatkan kemampuan. Depresi Besar 1930-an, menurut artikel itu, terjadi karena kesalahan kebijakan Presiden Hoover. Pandemi corona akan membuat pertumbuhan ekonomi international tumbuh negatif tahun ini. Dana Moneter Internasional atau IMF memperingatkan situasinya bakal lebih buruk dari Depresi Besar alias Great Depression pada 1930an.

Dilihat dari kategorinya, impor bahan baku dan penolong memberikan kontribusi terbesar yaitu 76,sixty three % terhadap total impor nasional, diikuti barang modal sebesar 16,seventy seven % dan barang konsumsi sebesar 6,60 %. Pada periode Januari sampai Mei 2013, kata Hidayat, complete neraca perdagangan nasional mengalami defisit sebesar US$ 2,fifty two miliar. Ekspor produk-produk industri pengolahan non migas sedikit menurun dibandingkan periode yang sama tahun lalu, sehingga menghasilkan neraca defisit sebesar US$ 8,ninety five miliar.

Misalnya, para pramusaji selalu mengenakan masker dan sarung tangan untuk memastikan minuman yang dibuat steril, menyediakanhand sanitizerbagi jasadeliveryyang mengambil barang pesanan, dan sebagainya. Kebutuhan untuk bertahan hidup yang berkaitan dengan barang-barang yang apabila tidak dimiliki oleh manusia akan menyebabkan dia meninggal. Apalagi produk FMCG yang sangat kuat di offline kini harus beralih distribusinya secara on-line. Beberapa produk mulai beradaptasi dengan penjualan through e-commerce, yang ternyata lonjakannya signifikan. Kendati begitu, dalam keadaan saat ini juga memunculkan peluang dan harapan, yakni seperti yang dikatakan oleh Honorary Founder of IMA Hermawan Kartajaya, tidak semua sektor bisnis pun anjlok. Dia memiliki sekitar 20 staf, dan mempertahankan mereka semua, meskipun dengan jam kerja yang berkurang.

“Apakah pemerintah siap menghadapi konsekuensi nyata dari orang yang kehilangan pekerjaan?” ujarnya, dengan merujuk pada potensi meningkatnya pengangguran setelah pandemi usai. Segala daya upaya perlu dikerahkan secara bersinergi agar Indonesia dapat bangkit dari dampak pandemi Covid-19 ini. Dengan menggunakan model Input-Output , Tim Riset Ekonomi PT Sarana Multi Infrastruktur memperkirakan bahwa stimulus fiskal oleh pemerintah sebesar Rp 405,1 triliun akan tercipta output dalam perekonomian sebesar Rp 649,three triliun. Ya, seperti yang dapat dilihat fenomena saat ini, segala sesuatunya seseorang lebih memilih dengan cara online. Bahkan berbagai macam opsi pembayaran online memudahkan proses transaksi karena tidak perlu menggunakan cash ataupun lewat perantaraan Bank . Mengingat sangat vitalnya transportasi bagi perekonomian, maka transpotasi laut harus dikembangkan dengan baik dan benar untuk menunjang pertumbuhan perekonomian.

Umumnya, kebijakan ini diterapkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada suatu Negara dengan risiko inflasi yang juga akan semakin meningkat. Kebijakan ekspansif dilakukan dengan meningkatkan peredaran uang dalam masyarakat sehingga daya beli masyarakat semakin meningkat. Pembelajaran “daring” sebagai pilihan tunggal dalam kondisi pencegahan penyebaran covid 19memberi warna khusus pada masa perjuangan melawan virus ini. Bahkan bentuk pembelajaran ini juga dapat dimaknai pembatasan akses pendidikan. Pendidikan yang lumrah berlangsung dengan interaksi langsung antar unsur beralih menjadi pembelajaran interaksi tidak langsung. Pembatasan interaksi langsung dalam pendidikan terkadang terjadi pada situasi tertentu namun tidak dalam rangka pembatasan sosial seperti yang masyarakat jalani sebagai upaya pencegahan penyebaran virus.

Mengamati perekonomian negara

Semakin besar permintaan terhadap produk domestik oleh bukan penduduk, yang tercermin dari nilai ekspor Negara bersangkutan, semakin besar pula peranan sektor eksternal dalam pembentukan produk domestik. Baru pada tahun 1979, Emil Salim mencoba mengidentifikasi sistem perekonomian Indonesia dengan nama Sistem Ekonomi Pancasila . Pada tahun 1980, Mubyarto mencoba mengidentifikasi ciri-ciri SEP yaitu Pertama, Roda perekonomian digerakkan oleh rangsangan ekonomi, ethical dan sosial.

Apalagi saat ini, Indonesia telah memasuki resesi ekonomi semua serba sulit dan keuangan keluarga makin menipis sehingga langkah yang harus dilakukan adalah memanajemen keuangan keluarga dengan sebaik mungkin. Dengan kondisi ekonomi yang seperti itu, keluarga harus berfikir keras dan berusaha semakin gigih agar pendidikan anak tidak begitu terganggu. Dampak pandemi Covid-19 yang begitu luas, maka pemerintah dan semua pihak terus bersinergi untuk menekan lajunya dampak tersebut. Pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebijakan dalam rangka pemulihan ekonomi serta menekan lajunya penyebaran Covid-19 dan kita semua hendaklah mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Akibat berpegang pada kedua faham tersebut terjadilah ketidakseimbangan makroekonomi dan instabilitas nasional. Guna menciptakan iklim investasi yang ramah investor, Pemerintah telah membentuk Indonesia Investment Authority sebagai alternatif pembiayaan untuk mendorong pembangunan infrastruktur. Pembangunan infrastruktur akan dilanjutkan melalui Proyek Strategis Nasional di tengah pandemi Covid-19. Pembangunan infrastruktur ini akan membantu pemerataan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia serta meningkatkan investasi. Namun, seperti Palau, bukan berarti pandemi virus corona ini tidak berdampak bagi mereka.

Trasmaniah

E-mail : admin@periscopecash.com