30 Tahun Menanti, Pak Kusnadi Rela Berdagang Rujak Keliling 15 Km Setiap Hari Demi Hidupi Sang Buah Hati

  • March 16, 2020

Seperti cacat, tergores, pecah, dan resiko lainnya apalagi dalam proses pengiriman. Bila anda memiliki kemasan atau packaging yang baik maka hal ini dapat diminimalisir dan produk anda akan tetap aman dan terjaga. Maksudnya adalah Anda harus memilih kemasan yang dapat menjaga kualitas dagangan Anda. Misal untuk makanan, pastikan kemasan tersebut aman dan tidak mengubah rasanya. Syariat yang ditetapkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya memiliki tujuan-tujuan tertentu, salah satunya adalah menjaga harta.

Apabila mencapai nishab dan berlalu satu tahun Hijriyah , maka wajib dikeluarkan zakatnya sebesar 2,5% dari Jumlah Tersebut. Zakat harta perdagangan bisa dibayarkan dengan mata uang yang berlaku atau juga dalam bentuk barang yang diperdagangkan. Sedekah juga dipercaya dapat memperpanjang usia seseorang. Hal ini karena kualitas hidup seseorang akan meningkat jika sering melakukan sedekah, salah satunya sering merasakan hati yang tenang dan bahagia saat melakukannya. “Berdasarkan penelitian kami, banyak eksportir atau pengusaha yang tidak tahu manfaat dari perjanjian dagang. Untuk itu selain sosialisasi mengenai manfaat perjanjian dagang, pengusaha juga harus diajak untuk melihat potensi pasar di negara mitra secara langsung,” katanya.

Berdagang dengan hati

Bentuk ketidaktahuan terhadap aturan Islam dalam berdagang, seyogyanya masih bisa dimaafkan jika tidak ada unsur kesengajaan. Namun, jika dilakukan dengan senagaja dalam rangka mengelabui Pembeli atau sebaliknya, hal tersebut adalah perbuatan tercela dan akan dipertanggunjawabkan dihadapan Allah. Sore harinya beliau dilarikan ke RSU Saiful Anwar karena mengalami sesak nafas,beliau sempat melambaikan tangan ke para jama’ah sebagai salam perpisahan. Setiap harta atau rezeki yang kita miliki terdapat haknya orang lain yang harus kita berikan atau disebut dengan zakat perdagangan. Zakat yang dikeluarkan akan membawa keberkahan dan bisa menambah rezeki yang kita dapat. Zakat yang dikeluarkan tidak akan mengurangi harta yang kita miliki, tetapi zakat akan menjadi amal baik yang bernilai pahala untuk bekal di akhirat kelak.

Pengelola tidak akan menyalurkan dana yang ditujukan untuk melakukan pelanggaran hukum, seperti tindak pencucian uang. Hal ini tercermin ketika kegiatan jual-beli dihentikan sementara waktu untuk mendirikan ibadah salat, membersihkan harta dengan menunaikan zakat dari hasil perdagangan, serta selalu bersyukur atas nikmat dan keberkahan yang Allah berikan. Al Mubarakfury menyebutkan, dalam berdagang, nabi dikenal dengan setinggi-tingginya nilai amanah, nilai kejujuran, dan sikap menjaga kehormatan diri. Inilah karakternya di segenap sisi kehidupannya, hingga diberi gelar al-Amin. Dalam buku Muhammad Sebagai Seorang Pedagang karya Afzalurrahman, setidaknya terdapat beberapa hal yang diperhatikan Rasul dalam perdagangannya.

Pembayaran upah harus sesuai dengan kerja yang dilakukan. Banyak dikalangan pelaku bisnis yang berani melakukan sumpah palsu yang pada gilirannya dia tidak menyadari bahwa hasil jerih payahnya tidak mendapatkan keberkahan. Dari paparan sejarah Rasulullah SAW dalam berwirausaha dapat banyak sekali contoh dan teladan yang seharusnya di terapkan dalam dunia perekonomian dan bisnis dimasa sekarang. Para wirausahawan selayaknya mempelajari petunjuk petunjuk yang sangat gamblang sehingga dapat dipergunakan dalam menjalankan usahanya secara bersih dan bermartabat seperti di contohkan Rasulullah SAW.

Bertajuk Wujudkan Tertib Ukur Cermin Budaya Jujur, para pedagang mendapatkan pemaparan cara berdagang untuk memperbaiki transaksi jual-beli di pasar sesuai syari’at islam. Karena Seorang Pedagang muslim ketika berdagang, diharuskan jujur dalam ukuran atau timbangan, dengan senang hati, gembira, ikhlas dan memberi kesan yang baik kepada pembeli. Kepala Bidang Kemetrologian Perdagangan, Hedy Mulyawan menerangkan, ada beberapa hal dalam perdagangan yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Di antaranya perihal Ukuran, Takar, Timbang dan Perlengkapannya .

Diakui Agus saat ini banyak orang tertarik berbudiya alpukat, tidak hanya dari Semarang ataupun Jawa Tengah saja namun beberapa daerah sudah melirik komiditi ini. Hal inilah yang membedakan Agus Riyadi dengan petani atau pengusaha alpukat lainnya. Sebab, banyak petani yang memulai dari sawah atau kebun tanpa tahu kondisi permintaan barang di pasar. Sehingga tidak heran banyak dari mereka yang mengalami kerugian, karena tanaman yang ditanam hasilnya kurang bagus sehingga tidak terserap pasar. Kalaupun terserap pasar, karena kualitas barangnya tidak bagus, membuat komoditi tersebut harganya rendah. Persaingan dalam usaha dagang adalah hal yang normal, malah dari persaingan ini Sobat Pintar bisa belajar untuk memenangkan hati calon pelanggan dengan memberikan pelayanan dan produk terbaik untuk mereka.

Trasmaniah

E-mail : admin@periscopecash.com